Home » » Cara Membuat Antena Tv Indoor dengan Mudah

Cara Membuat Antena Tv Indoor dengan Mudah

Cara Membuat Antena Tv Indoor dengan Mudah - Anda tinggal di tempat yang penerimaan televisi nya sangat buruk, misalnya di pedesaan atau walau pun anda tinggal di perkotaan bisa jadi anda kesulitan menangkap penerimaan siaran televisi hal ini biasanya karena lokasi kota anda jauh dari stasiun pemancar televisi atau sebab lainya karena berada di lembah atau terhalang oleh gedung-gudung yang tinggi.

Oke Cara Pembuatannya gk sulit cukup dengan menggunakan bahan-bahan bekas saja memang hasilnya tidak semaksimal buatan pabrik apalagi dari bentuknya. Seperti kita ketahui antena TV ada yang Outdor dan ada juga yang indor dimana penempatan kedua jenis antena ini sangatlah jelas.

Antena TV outdor ditempatkan diluar rumah dan biasanya membutuhkan ketinggian yang cukup agar antena benar-benar dapat menangkap sinyal yang dipancarkan dari stasiun relay. sedangkan untuk antena indor biasanya ditempatkan di dalam rumah dan tidak jauh dari perangkat TV, antena indor biasanya banyak digunakan di daerah perkotaan atau dekat dengan stasiun pancar ulang / relay.

Umumnya Frekuensi TV bekerja di VHF dan UHF nah antena indor yang akan dibuat kali ini untuk UHF terus terang saja siaran yang bagus-bagus banyak di UHF seperti INDOSIAR,RCTI,SCTV,GLOBALTV,ANTV,TVONE,TRANSTV,TRANS7. sedangkan VHF seperti TVRI.

Nah..Untuk Membuat Antena TV Indoor Sendiri Diperlukan Alat Dan Bahan - Bahan Sebagai Berikut :

1. Kayu balok atau papan yang sudah dibentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 21,5 meter lebar 2,5 meter
2. Kabel Coaxial 75 Ohm
3. Konektor RF untuk ke jack antena TV
4. Gergaji kayu
6. Kawat
7. Baut Scrup
8. Palu
9. Obeng
10. bor

Tahap pertama
1. sediakan papan yang persegi panjang dan panjangnya sekitar kurang lebih 21,5 cm dan lebar 2,5 cm.

2. papan tersebuat panjang 21,5 cm dibagi dua bagian bawah dan atas biar mudah pembuatan antena tersebut mempunyai 10 lubang.bagian bawah 4 lubang dan bagian atas 4 lubang dan jangan lupa dikasih jarang tepi atas 2 cm dan yang 2 nya lagi itu ditengah -tengah 8 lubang tersebut.papan yang sudah dilubangi lubang atas dan bawah masig-masing ukuran 5 1/4(5,25) cm dan jangan lupa dikasih jarak atas sama bawah jarak atas sekitar 2 cm dan ukuran bawah 2,75 cm.

3. lubangi papan tersebut dan jarang tepi kanan antara tepi kiri sekitar 2 cm dan jarak antara lubang kanan ke lubang kiri itu antara 1/2(0,5) cm. seperti gambar dibawah ini.


Tahap kedua dari pembuatan antena.
kali ini saya pakai kawat tergantung anda bila pakai besi,tembaga atau kawat itu boleh tetapi itu semua harus panjangnya 14 cm kawat tesebut di buat huruf V dengan ukurang masing-masing 7 cm lebar rengganganya sekitar 3 cm.seperti gambar dibawah ini.


Tahap ketiga pasang baut scrup dengan Kabel Coaxial 75 Ohm pada lubang yang sudah ada dan sudah dikasih kawat.seperti gambar dibawah ini.


Tahap terakhir tinggal pasangkan tembaga atau kawat tersebut dibentuk seperti di gambar samping lalu di sambungkan dengan Konektor RF untuk ke jack antena TV dan selesai. seperti gambar dibawah ini.

Untuk Cara dan Pembuatan bisa Liat Video Youtube ini gan Silahkan Liat DISINI 

Postingan ini ane rangkum dari beberapa sumber gan salah satunya agustomank.wordpress.com.

sekarang ane masih dalam pengumpulan bahan gan untuk proses pembuatan......heee. Selamat mencoba juga ya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

3 komentar:

  1. Mantab ya gan antenanya...

    Mesti coba ni,..

    ReplyDelete
  2. @Cahya Creative ya sob ane sempet coba mang bagus asal sesuai dengan aturan ukuran antenanya. selamat mencoba gan.

    ReplyDelete
  3. silahkan mampir http://antenawajanbolikmurahberkwalitas.blogspot.com/

    thanks
    salam
    fajarantena

    ReplyDelete