BREAKING NEWS :
Loading...

9 Kejahatan Jelang Mudik Lebaran

9 Kejahatan Jelang Mudik Lebaran - Lebaran adalah momen tahunan dimana kesibukan masyarakat amat tinggi baik untuk berbelanja maupun mudik (pulang kampung). Saat itu pula, waktunya masyarakat menerima THR, pesangon dan bonus-bonus lainnya. di sela-sela masyarakat lengah dengan kesibukannya, disaat itulah para pelaku kejahatan melancarkan aksinya dengan jalan pintas. 

Berikut ini beberapa tindak kejahatan jelang lebaran yang wajib anda ketahui agar bisa terhindar dari tindak kriminal.

1. curanmor
curanmor alias pencurian kendaraan bermotor memang sering terjadi menjelang lebaran. faktor ekonomi salah satunya. butuh uang di hari raya, kepepet, ya ujungnya cari kesempatan. makanya jangan lengah.

Pencegahannya :
a. jelaslah, parkir ditempat parkir yang resmi.
b. jangan lupa minta karcisnya.
c. buat motor, siapin kunci ganda misalkan gembok buat kunci rem cakram atau kunci roda.
d. buat mobil, kunci setir atau kunci pedal, kalau perlu buat kunci rahasia.

2. keprok kaca mobil 
keprok atau bahasa indonesianya sih pecah kaca mobil juga banyak sekarang. kepepet ekonomi juga salah satu penyebabnya. tadinya gak niat ngambil, pas lihat ada barang2 di dalam mobil, langsung embat.  
Pencegahannya :
a. biasakan jangan membawa barang berharga kedalam mobil.
b. bila membawa barang berharga, usahakan tidak kelihatan atau paling tidak ditutup kain/kertas atau simpan di bawah jok.
c.waspada saat mengendarai kendaraan seorang diri, perhatikan apa ada yang mencurigakan/membuntuti.
d. waspada bila kita sehabis mengambil uang dari bank.


3. coblos ban
menjelang lebaran frekuensi pelayanan di bank juga meningkat. selain nuker uang, banyak juga yang mengambil uang dalam jumlah besar untuk thr pegawai.
biasanya modus ini pelaku tidak bertindak sendiri. ada tim survey dan tim eksekusi( kaya ngerti aja). tim survey ini biasanya nongkrongnya dalam bank, kalo ada korban dia akan kontak2 ke tim eksekusinya.  
Pencegahannya:
a. jangan mengambil uang dalam jumlah banyak
b. bila terpaksa, mintalah bantuan petugas atau security atau paling tidak ada teman yang menemani.
c. bila ban bocor, waspadalah tapi jangan panik. tetaplah melaju sampai tempat yang aman seperti pos polisi. jangan percaya bila anda diminta untuk berhenti.
d. jangan tinggalkan mobil tanpa ada teman yang menunggu, banyak kasus terjadi saat mobil hampir sampai lokasi(rumah/kantor)

4.jambret/copet
biasanya menjelang lebaran banyak orang belanja di tempat ramai seperti pasar/mall. situasi berdesakan ini membuat kita lengah yang menjadikan kesempatan bagi pencopet.
Pencegahannya:
a.jangan bawa barang berharga dan mencolok
b. jangan memakai tas gendong dan mudah ditarik/putus talinya.
c. usahakan menyimpan tas di depan, bukan disamping.
d. jangan menyimpan dompet di saku belakang

5. rampas motor.
nih modus sekarang juga udah banyak, awalnya kita disuruh menepi, terus dengan berbagai alasan memaksa kita memberikan motor. alasan yang sering dipakai seperti mengaku polisi, mengaku dari finance, atau sengaja emang mau ngerampok kita.
Pencegahannya:
a. hati2 saat melintasi jalan sepi.
b. bila harus, ajak temen. dan lewat saat ada beberapa motor/mobil bareng2.
c. saat kita diminta berhenti, jangan berhenti di tempat sepi. cari tempat aman.
d. bila memaksa, siapkan mental anda. ingat matikan motor dan simpan kunci ke dalam saku anda.
e. jangan melawan kecuali anda memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni.
f. kabuuuuuuuuuuuurrrr sekuat tenaga. prinsipnya harta bisa dicari, nyawa kita cuma satu.


6. minta transfer uang
walaupun sudah bisa dibilang basi, nih modus masih banyak juga yang pake, tambah banyak macemnya pula. kalo dulu minta beliin pulsa mama, sekarang ada yang minta transfer cicilan motor, yang sering menjebak kita adalah berita bahwa keluarga kita mengalami musibah/kecelakan
Pencegahannya:
a. jangan mudah percaya dan jangan panik
b. saat ini hp dan kartu bisa dibilang murah, kalo mau palng tidk kita punya 2 hp dan 2 nomor berbeda. saat emergency satu nomor mati masih ada nomor lain yang bisa dihubungi.
c. nih yang paling penting......jalin silaturahmi dengan rekan/teman/ tetangga sebanyak2nya. minta nomor telepon hp mereka. saat emergency, kita bisa minta bantuan mereka untuk mengecek kebenaran berita tersebut. 


7. penipuan
menjelang lebaran, jual-beli semakin meningkat. kebutuhan meningkat seiring permintaan. nih jadi peluang buat mereka yang cari2 kesempatan.
salah satunya kebutuhan akan kendaraan buat mudik. hati2 juga forum jual beli, pastikan semuanya betul, bukan tipu2. modusnya banyak antara lain: coba test drive dulu ya pak, eee langsung kabur. 

Pencegahnnya:
a. hati2 dan waspada bila kita hendak membeli/menjual barang.
b. usahakan tidak sendiri, bawa temen.
c. selalu dampingi saat mereka mencoba kendaraan
d. bila mau cod, carilah tempat yang aman misalkan di bank.



8. bius
pembiusan apalagi mau lebaran, banyak deh ceritanya.
capek dan lelah saat kita berdesak2n saat mudik adalah peluang bagi pelaku. awalnya koraban diajak ngobrol ngalor ngidul, setelah dirasakan korban percaya, akhirnya menawarkan makanan/minuman yang telah diberi obat. korban teleer, akhirnya hartanya disikat.

Pencegahannya:
a. selalu waspada terhadap orang asing.
b. bila memungkinkan, ajak temen mudik bareng. jangan sendiri.
c. jangan bawa harta banyak terutama uang. jaman udah canggih. atm disini penting. bawa aja atm. hp gak usah yang mahal2. barang berharga tinggalin/titipin aja.
d. jangan terima makan dan minum dari orang tak dikenal


9.pencurian rumah kosong.
mudah2n menjadi pelajaran bagi kita agar kita tidak mengalaminya. beberapa cara agar kita menghindar antara lain:
a. titipkan rumah kita ke family yang tidak pulang kampung atau titipkan ke security bila rumah kita di perumahan.
b. pastikan rumah kita terkunci. pintu dan jendela.
c. jangan umbar di jejaring sosial bahwa kita akan mudik dan rumah kosong.
d. sekarang ada alat namanya photosell atau fitting lampu otomatis. harganya murah. pasang aja nih alat. gunanya seperti lampu penerangan jalan, saat siang pasti mati sendiri, tapi saat malam dan gelap akan menyala.
e. jangan lupa untuk mencegah kebakaran rumah, cabut regulator gas dari tabung, dan cabut alat listrik yang tidak dipakai seperti tv dan kulkas.
kaskus.co.id/showthread.php?t=15869962
Share On:
Langganan Tulisan Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 Response to " 9 Kejahatan Jelang Mudik Lebaran"

Post a Comment