BREAKING NEWS :
Loading...

Penguat Antena Modem Menggunakan Kaleng Bekas

Anda suka memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan barang yang lebih berguna! Berguna untuk apa ya? Yang pasti masih ada hubungannya modem atau internet. Bagi pemilik modem / internet salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah kualitas sinyal. Sinyal yang naik turun alias tidak stabil sangat berpengaruh dengan kecepatan internet yang anda dapatkan ujung-ujungnya terasa lemot speednya.

Bagi sobat yang masih terbentur dengan dana untuk mendapatkan sebuah antena modem, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat sendiri antena modem menggunakan barang-barang bekas di sekitar anda. Barang-barang yang bisa anda gunakan di sini intinya adalah barang yang bisa digunakan sebagai reflektor untuk memfokuskan penerimaan sinyal modem di satu titik saja. Salah satu contoh barang bekas tersebut adalah kaleng.

Langkah - langkah membuat antena modem menggunakan kaleng adalah sebagai berikut. 

1. Siapkan kaleng misal kaleng biskuit, kaleng bekas soft drink, bekas kopi, dan lain-lain yang penting bisa di buat sebagai penguat modem


2. Ukur letak lubang untuk tempat modem. Jika modem anda bekerja di frekuensi 800 Mhz maka jarak lubang modem kedasar kaleng adalah 1–1,5 inchi. Untuk modem dengan frekuensi 1900 Mhz jarak lubang ke dasar kaleng adalah 2–3,4 inchi.


3. Lubangi kaleng dengan bor yang sudah anda tentukan di titik mana kaleng akan di bor pada langkah nomor 2 di atas. Buat beberapa lubang agar mudah untuk dipotong.


4. Potong lubang yang sudah dibor tadi menggunakan gunting, sampai lebar tertentu. Lebar lubang disesuaikan dengan modem anda agar modem bisa masuk ke lubang. Kemudian haluskan potongan anda menggunakan kikir atau sejenisnya.


5. Tutup atau lapisi lubang modem yang telah anda buat menggunakan isolasi yang agak tebal kemudian lubangi isolasi sesuai lebar modem.


6. Masukkan modem ke lubang. Fungsi isolasi tadi sebenarnya agar modem bisa masuk pas di lubang dan tidak akan lepas saat dibiarkan, jadi buat lobangnya keset atau seret (jangan porno ya....haaaa).


7. Setelah ini anda tinggal memasang USB ekstender kemudian tinggal taruh kaleng pada tiang yang tinggi. Arahkan kaleng ke BTS terdekat.


Demikian tutorial singkat membuat antena modem menggunakan kaleng bekas. Semua jenis kaleng bekas bisa anda manfaatkan, tergantung kreatifitas anda sampai di mana.

Selamat Mencoba semoga bermanfaat
http://teknikit.com
Share On:
Langganan Tulisan Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

4 Responses to "Penguat Antena Modem Menggunakan Kaleng Bekas"

  1. nice share bro....

    dan salam kenal ya....

    ReplyDelete
  2. waduh ada pengaruhnya ga ya....tapi patut dicoba kl waktu senggang

    ReplyDelete
  3. @cenomya sob buat nambah speed internet aja nich tipsnya.

    ReplyDelete