BREAKING NEWS :
Loading...

Etika Menggunakan Ponsel

Ponsel atau HP sebagai perangkat telekomunikasi pastilah memiliki banyak manfaat. Teknologi ini memungkinkan kita berkomunikasi dgn mudah. Selain itu, ponsel masa kini, seperti smartphone telah memiliki berbagai fitur yang bermanfaat. Maka penggunaan ponsel secara tepat akan memiliki banyak manfaat positif.

Namun, mengingat banyak jg dampak negatif yang bisa disebabkan penggunaan ponsel, maka bagaimana menghindari dampak tersebut sewaktu menggunakan ponsel? Berikut ini beberapa pertanyaan dan saran praktis yang bisa Agan terapkan sewaktu menggunakan ponsel.

Kapan saat menghindari menggunakan ponsel?

Jika berbicara dgn menggunakan ponsel bisa mengganggu orang lain, misalnya dalam tempat ibadat, gedung bioskop, ruang kelas, gedung konser, dan lainnya— maka hindari menggunakan ponsel di tempat seperti itu. Agan jg bisa mengatur mode senyap pada ponsel Agan sehingga tidak mengganggu orang lain. Bahkan jika perlu, matikan saja ponsel Agan.

Apakah perlu berbicara dgn suara keras di ponsel?

Hindari berbicara dgn ponsel dgn suara terlalu keras, khususnya jika Agan berada di tempat umum (public area). Hal ini akan menarik perhatian orang-orang pada diri Agan dan bisa menimbulkan gangguan bagi beberapa orang. Selain itu, mikropon dalam ponsel mampu menangkap suara yang lembut sekalipun, sehingga tidaklah perlu berteriak atau bersuara keras saat menggunakan ponsel Agan.

Pembicaraan pribadi di ponsel, patutkah?

Jangan membicarakan hal pribadi dgn menggunakan ponsel di tempat yang ada orang lain, misalnya saat berada di ruang rapat, ruang kerja yang digunakan bersama-sama, atau bahkan di tempat umum seperti di dalam bus, kereta api, halte, dan lainnya. Jika Agan harus segera menyelesaikan pembicaraan tersebut, bicaralah secara singkat dan telepon kembali segera setelah Agan keluar ruangan lalu lanjutkan pembicaraan pribadi tersebut.

 Berbicara urusan pribadi dekat orang lain?

Jika Agan sedang berbicara dgn ponsel, jaga jarak minimal 3 meter dgn orang lain agar tidak mendengar pembicaraan Agan. Jika Agan berdiri atau berada di dekat orang lain, akan membuat orang lain mau tidak mau mendengarkan urusan pribadi Agan.

 Menerima panggilan telepon saat sdg berbicara dgn orang lain


Hindari ponsel Agan mengganggu percakapan yang sedang dilakukan. Umumnya saat ponsel berbunyi, seseorang akan mengatakan: "Maaf, ane terima telepon dulu." Hal ini kurang menunjukkan etika dan respek terhadap lawan bicara yang sedang berhadapan langsung dgn Agan. Namun, dalam kasus khusus, menerima panggilan telepon saat sedang berbicara dgn orang lain bisa dilakukan jika memang benar-benar perlu untuk menerima panggilan telepon. Hal yang sama jg berlaku saat Agan mengetik SMS. Hindari mengetik SMS sambil berbicara dgn orang lain.


Pesan dari ane gan :
Telepon seluler atau handphone telah menjadi perangkat telekomunikasi yang sangat membantu. Namun jangan gunakan ponsel Agan dgn sembrono yang menyebabkan kecelakaan ataupun gangguan bagi orang lain.
Gunakan ponsel Agan secara tepat dan dgn etika yang baik.
Share On:
Langganan Tulisan Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Etika Menggunakan Ponsel"

Post a Comment